Faktor Penyebab Trafik Blog Menurun

Penyebab Trafik Blog Menurun, haloo sobat kembali lagi dengan saya kali ini saya akan menjelaskan atau membahas tentang trafik, sesuai dengan judul kenapa trafik menurun? tentu saja pasti ada penyebabnya bukan, disini kita harus perhatikan hal tersebut jangan dibiarkan terus menerus trafik kita down, hal ini bisa berakibat fatal.

Trafik sangat diperlukan sekali oleh blog atau website, jika blog atau website kita tidak ada trafik apa jadinya? buat apa kita membuat blog atau website bukan. dari trafik kita akan mendapat banyak keuntungan dan dari trafik yang banyak dan stabil

Apalagi blog kita merupakan blog yang di pasangi adsense, tentu akan mengalirkan banyak pundi-pundi dolar yang terus mengalir. Namun pernahkah anda merasa, jika performa atau trafik blog anda mengalami penurunan yang sangat drastis?

Baca Ini : Cara Optimasi Seo Onpage Untuk Meningkatkan Trafik

Saya rasa sebagian besar blogger pernah mengalaminya. Kita sebagai blogger harus cermat dan sigap dalam mengatasi penurunan trafik blog secara mendadak atau tiba-tiba ini. Cari tahu segera penyebab trafik blog menjadi turun secara drastis.

Sebab jika dibiarkan berlarut-larut akan berdampak buruk untuk SE0 (search engine optimation) blog. Jika tidak segera diatasi, masalah penurunan trafik ini akan berdampak pada penurunan posisi blog di SERP seacrh engine seperti google, yahoo, bing dan lain-lain.

Mungkin anda bertanya-tanya kenapa trafik blog bisa turun secara drastis. Apa penyebabnya? Ada banyak sekali faktor trafik blog menjadi turun secara signifikan. Untuk menemukan jawaban kenapa trafik blog anda menjadi turun mari kita simak ulasan berikut sampai selesai. Mungkin saja dari ulasan-ulasan dibawah ini, ada salah satu faktor yang membuat trafik blog anda menurun.

Berikut Penyebabnya Trafik Blog Menurun :

trafik-menurun

1. Baru Ganti Template Blog.

Faktor yang pertama adalah masalah template. Apakah anda baru saja mengganti template blog? Jika anda baru saja mengganti template blog, otomatis trafik akan turun secara signifikan. Kenapa bisa begitu?

Karena mengganti template blog sama saja mengganti semua elemen blog. Dan elemen blog yang tadinya sudah dihafal robot perayapan google, elemennya berubah dan akan membuat robot google mengindex blog anda mulai dari nol atau merayapi lagi dari awal. Namaun tak usah khawatir karena trafik akan kembali stabil setelah 1 bulan.

2. Update Artikel Banyak dalam Waktu Singkat.

Faktor penyebab trafik blog menurun poin kedua adalah mengupdate artikel secara bertubi-tubi dalam waktu singkat. Jika anda update banyak artikel dalam waktu singkat, akan dianggap blog spam oleh mesin pencari.

Berhati-hatilah jika anda menggunakan blog dari blogspot, sebab blog dapat dihapus google karena dianggap spam. Menurut saya idealnya maksimal update artikel adalah 10 artikel tiap hari.

3. Artikel Di Copas Orang lain.

Faktor penyebab trafik blog menurun poin ketiga ini mungkin tidak begitu anda sadari. Jika faktor pertama dan kedua tidak anda lakukan namun trafik blog tetap turun mungkin faktor ketiga ini menjdi penyebabnya.

Faktor ketiga ini adalah artikel original dicopas tanpa sepengetahuan kita. Banyak sekali plagiat didunia maya ini dan sangat meresahkan. Terang-terangan copas artikel dari blog kita tanpa izin.

padahal kita sudah capek-capek menulis artikel dengan mengeluarkan banyak biaya, waktu dan fikiran tapi malah artikel dicopas tanpa izin oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Yang lebih parah, jika artikel kita banyak duplicatenya, maka reputasi blog akan turun dan posisi di SERP akan anjlok drastis, yang memberi kesan buruk di SE (search engine).

Baca Ini : Membuat Blog Dummy Untuk Mendongkrak SEO

4. Jarang Update Blog.

Faktor penyebab trafik blog menurun ke-empat yaitu jarang menupdate blog dan jarang membuat konten yang baru dan fresh. Kok bisa? Sebab saat kita bersantai dan jarang update blog, blogger lain sedang giat-giatnya mengupdate blog mereka dengan konten yang fres dan berkwalitas.

Akibatnya posisi kita di SERP akan tergeser oleh blog yang rutin update setiap hari. Dampaknya bagi blog yang jarang update adalah yang tadinya posisi blog nomor 1 di SERP menjadi anjlok entah kemana.

5. Mesin Pencari Sedang Update Alogaritma Baru.

Faktor ke-lima ini adalah mesin pencari sedang update alogaritma baru. Namun ini jarang terjadi.

6. Blog Terkena Sanbox atau Penalti Seacrh Engine.

Faktor ke-6 ini sering terjadi, blog dapat terkena sanbox atau penalti dari mesin pencari karena terlalu over dalam optimasi seo. Contohnya: mencari backlink secara instan seperti sekali klik bisa membuat ribuan backlink secara otomatis.

Hal ini sangat buruk dampaknya untuk SEO blog. Dan sudah sangat jelas melanggar pedoman mutu webmaster. Biasanya blog yang terkena sanbox dihukum dengan jatah visitor yang tetap hingga hukuman dicabut.

Semua faktor diatas memang sangat mempengaruhi trafik blog menjadi menurun secara drastis. Mungkin ulasan diatas bermanfaat bagi anda untuk mengetahui Kenapa trafik blog menurun. Jika anda punya faktor lain, mungkin anda bisa berbagi, dengan memberi komentar dibawah. Terima kasih.

facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin

8 Responses to Faktor Penyebab Trafik Blog Menurun

  1. rickyboy says:

    ini yang harus di perhatikan, terkadang saya gak meratikan hal ini gan, pas saya baca baru saya tahu, makasih infonya mas, sangat bermanfaat

  2. Agung says:

    wah ternyata banyak hal yang saya gak perhatikan pas baca artikel nya om, makasih banyak ya,

  3. kurniawan says:

    iya blog saya menurun karena jarang update artikel atau konten, pengen banget punya blog yang kerawat dan bagus di search engine tapi waktunya kurang memadai, karena kesibukan kerja.. makasih infonya ya min

  4. DINUMUSIK says:

    lalu kalo artikel di copas habis sama orang lain, cara memulihkan artikel kita gimana min biar eksis lagi di google ?

  5. MUSIKHOT says:

    wah, ternyata banyak juga ke salahan ane buat update blog

  6. irham says:

    di awal ane ganti template trafik gak turun sama sekali sob, nah pas ganti template kedua tiba-tiba traffik ane langsung down secara drastis :’v

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *